Kategori

Sunday, 30 October 2016

Aplikasi yang dapat mengirim file yang berukuran besar dengan cepat

Aplikasi yang dapat mengirim file yang berukuran besar dengan cepat adalah shareit  aplikasi ini berlambangkan roda gigi berwarna biru ini dapat membantu bagi pengguna dunia maya untuk saling berbagi file apapun dengan cepat dan singkat berbeda dengan blutooth aplikasi ini menggunakan  sambungan wireles internal untuk menghubungkan antara gadet satu dan yang lian.misalnya file yang berukuran 2gb dengan blotooth akan memakan waktu berjam-jam untuk mebgirimnya namun dengan shareit tidak akan sampai 5 menit.

Wednesday, 26 October 2016

Cara menghapus iklan adsense diblog

Baiklah untuk menghilangkan iklan adsense ada banyak metode yang bisa dipakai pertama dengan menghilangkan,menghapus,dan menonaktifkan namun kali ini yang akan dibahas yaitu menghapus iklan adsense...
Login ke blog sobat lalu klik tulisan tata letak yang ada dimenu sebelah kiri dashboard blog anda,setelah itu carilah widget yang bertuliskan adsense,widget adalah kumpulan dari menu yang ada didalam tataletak tersebut pilih saja salah satunya yang bertuliskan adsense,dimenu widget yang bertuliskan adsense ini terdapat tulisan edit dipojok kanan bawah klik tulisan edit tersebut,lalu akan muncul tab baru di mesin pencari anda namun masih tetap terhubung dengan hasil pencarian sebelumnya.memang disini secara otomatis akan dibuka tampilan tab baru karena memang sudah begitu pengaturan bawaannya setiap mesin pencari,setelah terbuka tab baru klik hapus dimenu tab baru tersebut dan pilih oke,dengan begini maka iklan adsense anda telah terhapus....semoga artikel ini dapat membantu terima kasih

Tuesday, 25 October 2016

Cara membuat icon shortcut di PC

Bagaimana cara menampilkan icon aplikasi shortcut di PC icon aplikasi yaitu tampilan aplikasi yang terdapat diprogram PC namun kali ini yang akan dibahas cara menampilkan icon aplikasi pada menu desktop atau shortcut.
Pertama sobat mulia cari aplikasi yang akan dibuatkan icon shortcutnya lalu setelah itu tinggal sobat klik kanan nanti akan muncul pilihan,pilihlah menu send to,lalu pilih desktop (create shortcut)dengan begini aplikasi shortcut akan tampil pada layar desktop anda,jika belum ulangi langkah diatas dengan cermat karena cara ini sudah pernah dicoba dan sukses.

bagaimana cara agar idm bisa tampil secara otomatis saat memutar video

idm yaitu aplikasi downloader video dimana pengguna atau user dapat dengan mudah mengunduh video yang akan dinontonnya agar bisa disimpan di hard driver user kali ini sahabat blogger akan menjelaskan sedikit mengenai cara kerja idm.
dengan idm atau internet download manager kita bisa mengunduh video yang berdurasi panjang dengan waktu yang singkat namun kadang idm tidak dapat muncul ketika video ingin download,nah kali ini akan memberikan tipsnya

pertama masuk ke aplikasi idm anda,lalu masuk ke menu options dan centang semua kolom yang ada dikotak optionsnya lalu klik save dan jalankan ulang kembali browser anda dan putarlah video yang ingin di unduh tadi maka idm akan muncul dengan sendirinya.
perhatian  : kotak yang belum dicentang haruslah dicentang
Hasil gambar untuk option pada idm

Monday, 24 October 2016

Cara hack password atau kata sandi wifi dari android

Untuk mengetahui kata sandi dan password wifi yang terkunci tentu sangat tidak mungkin itu dikarenakan hanya admin yang tau tentang cara mengubah dan melihat password wifi.
Baiklah kali ini akan saya jelaskan tentang mengubaha atau mengganti kata sandi anda melalui hp android
Mula-mula masuk ke salah satu aplikasi browser anda,lalu ketikkan Gapon dikotak pencarian google selanjutnya akan tampil gapon ipaddress setelah itu akan muncul 2 kotak tampilan yang berisi username dan password,dikotak username ketikkan kata ADMIN dan di kotak kedua ketikkan PASSWORD lalu login.
Setelah anda login akan terlihat
Beberapa menu tampilan dibagian kiri.pilih pengaturan wifi atau wireles,nah setelah akan ada banyak kolom yang tampil dibagian tengah cari kolom password dan username di situlah anda bisa mengganti password sesuka hati
Semoga bermanfaat ingat ilmu ini jangan dipake untuk yang bukan-bukan cukup sekedarnya saja.
Hasil gambar untuk cara hack password wifi dari android

Thursday, 20 October 2016

7 lokasi seram yang sering dijadikan

7 Lokasi Serem Ini Sering Dijadikan lokasi selfie

 kamu yang hobi selfie pasti nggak pilih-pilih ya selfie ditempat-tempat yang anti mainstream. Apalagi kalau kamu selfie di tempat yang serem, lalu muncul penampakan. Wah gimana jadinya tuh, pasti kalang kabut deh kalau tahu ada tamu yang tak diundang ikutan selfie. Loopers, makanya kamu jangan asal jeprat-jepret ditempat sembarangan. Di bawah ini Loop bakalan bahas tempat-tempat serem yang banyak dijadikan selfie dan ada beberapa foto yang nggak sengaja ada makhluk menyeramkan. Simak dibawah ini ya!

Selfie di pemakaman

Loopers, sejatinya orang yang telah pergi meninggalkan kita itu pasti menyedihkan. Ada juga segelintir orang yang malah berpose dengan backgroundorang yang sudah meninggal, entah itu dengan backgroundkerandanya, peti mati atau di lokasi pemakaman yang bikin bulu kuduk kamu merinding.

Selfie di toilet

Loopers, toilet memang tempat yang asyik buat selfie tapi itu hanya berlaku buat sebagian orang saja. Toilet ini sebenarnya juga tempat angker dimana berkumpulnya para setan. Apalagi kalau toiletnya itu udah tua, serem dan gedungnya juga sudah tua. Waduh bakalan ada yang ikutan selfie tuh di belakang kamu. Seremm...

Selfie di lokasi kecelakaan

Loopers, kayaknya semua orang sudah pada nggak punya ide ya buat foto selfie. Sampai-sampai mereka bisa-bisanya selfie di lokasi kecelakaan. Dengan riangnya berpose, nggak malah nolongin orang yang kecelakaan itu tapi malah dijadiin backgroundselfie.

Selfie di lokasi bekas kecelakaan

Selain selfie dengan background kejadian kecelakaan, banyak juga orang yang selfie ditempat bekas terjadinya kecelakaan. Tempatnya kayak bekas kecelakaan kereta api bintaro, terowongan Casablanca dan semacam itu. Nggak hanya tempatnya aja, bangkai kendaraan yang sudah jadi besi tua itu masih ada orang yang iseng selfie didepannya.

Selfie di rumah kebakaran

Ada sebuah rumah yang sedang terbakar, tapi beberapa orang ini malah asyik berpose didepan rumah tersebut. Awas aja apinya menyambarmu lho Loopers.

Selfie di depan rumah tua

Rumah angker di Indonesia ini memang kadang jadi tempat yang menarik buat selfie. Kalangan anak muda malah kadang ada yang sengaja mengunjungi rumah angker hanya untuk mengambil gambar mereka. Kayak rumah pondok indah jakarta, rumah hantu darmo Surabaya dsb.

Selfie di tempat bersejarah

Tempat bersejarah itu nggak hanya tempatnya yang jadul tapi juga lucu banget kalau Loopers bisa selfie ditempat itu. Tapi, tempat bersejarah yang serem jaman dulu digunakan untuk pembantaian itu ngeri lho. Tempat seperti Lawang Sewu di Solo, Gua Jepang di Bandung, Lubang Buaya yang sekarang jadi Monumen Pancasila Sakti dan masih banyak lagi tempat bersejarah di Indonesia yang angker dan sering dijadikan spot foto.

Loopers, kamu harus hati-hati kalau selfie di lokasi tersebut ya Loopers. Tiba-tiba, di belakang kamu ada tamu nggak diundang ikutan selfie tuh. Ihh kabur...

Monday, 17 October 2016

Klakson dan sejarah ditemukannya

Sejarah Klakson Pada kendaraan
contoh gambar klakson
Pada rubrik sejarah kali ini Karoseri Indonesia akan mengupas mengenai sejarah klakson. Siapa yang tidak mengenal klakson? Klakson adalah komponen yang ada di setiap produk otomotif. Secara morfologis, klakson berasal dari kata Yunani kuno yaitu klazo yang berarti menjerit. Sebutan klakson dapat berbeda di setiap negara. Di Rumania dan Belgia disebut claxon, sedangkan di Perancis disebut dengan nama Klaxon.
Klakson pertama kali ditemukan olehMiller Reese Hutchinson, yang masih mempunyai hubungan saudara dengan Thomas Alfa Edison. Pertama kali klakson diaplikasikan pada sebuah mobil yaitu pada tahun 1908. Sumber tenaga dari klakson tersebut berasal dari sel baterai kering berdaya 6 volt . Pada tahun 1911 untuk pertama kalinya diperkenalkan arus listrik yang dapat diisi ulang menggunakan media sebuah baterai.
Klakson diciptakan sebagai tanda peringatan terhadap kendaraan lain dan sebagai alat identifikasi bagi orang/pihak lain untuk mengetahui kehadiran sebuah kendaraan. Tingkat kekerasan suara (loudness) setiap kendaraan berbeda, disesuaikan dengan besar kecilnya dimensi kendaraan. Kendaraan yang memiliki ukuran kecil, bunyi klakson akan kecil pula, sedangkan kendaraan yang memiliki bentuk yang besar akan memiliki bunyi klakson yang keras. kalau pada bus sudah ngerti kan ciri khas bunyi klaksonya "Tolelot' :D meski itu bukan standart bunyi klakson pada bus.
Sebuah klakson mobil dapat terdengar sebagai sebuah tanda. Banyak mobil mewah memiliki klakson yang terdengar halus sementara klakson pada kendaraan mobil ekonomi yang lebih tua mungkin terdengar cengeng. Hal ini juga dilakukan untuk membuat kendaraan lebih diidentifikasi kepada orang lain. Setiap moda transportasi memiliki ciri khas bunyi klakson masing-masing. Sebagai contoh, klakson pada kereta api tentu akan berbeda dengan klakson yang ada pada sebuah kapal laut maupun sebuah bus.
Untuk menghasilkan suara ketika klakson ditekan, elektromagnet digunakan untuk menyebabkan diafragma baja untuk bergerak. Getaran pada electromagnet dari diafragma bergerak menuju magnet. Ketika diafragma tersebut akan dipindahkan ke titik maksimum menuju magnet, koneksi dilepaskan, setalah diafragma sampai ke magnet,kemudian digunakan baja untuk memantulkan kembali geratan diafrgama dari elktromagnet. Siklus ini berulang merata dan menyebabkan diafragma untuk memutar bolak-balik menghasilkan suara klakson.

Sunday, 16 October 2016

Cara agar lampu sein motor menyala semua

Tips kali ini saya akan mencoba berbagi informasi bagaimana cara membuat lampu hazard. Apa itu lampu hazard ? Yaitu lampu senyang menyala semua baik sen kanan atau kiri. Standar pabrikan sepeda motor memang tidak mempunyai fitur lampu hazard. Tetapi kita bisa mengoprek sendiri untuk membuat lampu hazard.

Fungsi atau arti dari lampu hazard sendiri adalah sebagai simbol atau pertanda kendaraan kita sedang dalam perbaikan seperti sedang mogok, mengganti ban, ada kecelakaan dan lain lain. Kita sering lihat penggunaan lampu hazard ini pada kendaraan mobil. Nah sekarang kitapun bisa memodifikasi kendaraan bermotor kita agar bisa seperti mobil, yuk langsung saja kita bahas bagaimana cara membuat lampu hazard di motor.
Lampu Hazard pada motor


Cara membuat lampu hazard di motor ini sebetulnya sangat mudah sekali, ilustrasi cara kerjanya yaitu penggabungan antara lampu sein sebelah kiri ddan kanan. Namun pada flasher bawaan motornya tidak mampu untuk mengoperasikan proses mengedipkan keempat lampu sein tersebut. Jadi mau tidak mau kita harus memodifikasi dengan beberapa rangkaian tambahan yang dengan mudah kita dapatkan dipasaran.

Flasher adalah komponen atau rangkaian sirkuit elektronik yang fungsinya buat mengedipkan lampu. Dalam hal ini untuk mengedipkan 4 lampu sein sekaligus, kita bisa menggunakan flasher dari mobil. Efek dari penggunaan flasher mobil ini hanya akan berakibat kedipan lampu sein lebih cepat jika kita menghidupkan 2 lampu saja. Jangan khawatir aki akan tekor ataupun akan merusak komponen lainnya. 

Komponen flasher mobil


Letak komponen flasher ini pada motor bebek umumnya berada pada sebelah kanan yang berdekatan dengan aki. Cara yang paling mudah untuk mengetahui dimana letak komponen flasher ini adalah silahkan anda hiidupkan lampu sein, dan dekatkan telingan dekat aki. Maka komponen flasher ini akan berbunyi "tik tok tik tok". Nah berikut ini langkah mudah membuat lampu hazard di sepeda motor.

Cara Membuat Lampu Hazard (Lampu Sein Nyala Semua) Di Motor


  1. Kita siapkan terlebih dahulu alat yang dibutuhkan dan juga komponennya yaitu flasher mobil, kabel, kemudian saklar, solasi dan juga obeng.
  2. Sekarang kita langsung saja bongkar body samping motor kita dan kita cari letak komponen flashernya. Kalau sudah ketemu flasher motor kita, maka segera saja kita ganti dengan menggunaakan flasher bawaan mobil. Untuk flasher mobil, komponen ini memiliki 3 kaki, untuk yang dua kaki bisa anda langsung sambungkan saja dengan socket. Sedangkan untuk satu kaki yang lainnya maka kita sambung saja dengan menggunakan kabel dengan body motor.
  3. Kalau cara pemasangan lampu hazard pada motor ini sudah benar, segeralah anda tes dengan cara menyalakan lampu sein. Kala lampu seinnya hidup dan kedipannya sangat cepat dibandingkan sebelumnya, jangan takut. Memang itu proses hasil akhirnya.
  4. Selanjutnya untuk membuat lampu hazard dengan keempat lampu seinnya menyala secara bersama sama, maka sekarang anda bongkar batok lampunya. Sekarang kita cari kabel positif pada kedua lampu sein yang kanan dan kiri.
  5. Nah Kalau sudah ketemu kabelnya, sekarang kita sambungkan keduanya. Supaya lampu seinnya masih tetap bisa kita gunakan seperti sebelumnya, ada baiknya kita menggunakan saklar untuk proses menyambungnya.
  6. Nah saat ini proses pembuatan lampu hazard pada sepeda motor anda ini sekarang sudah jadi. Coba anda nyalakan atau tekan posisi saklar pada posisi on dan sekarang kita hidupkan lampu seinnya, maka hasilnya keempat lampu sein pasti akan hidup secara bersamaan. Untuk mematikan lampu hazard ini kita tinggal menggeser saja saklar ke dalam posisi “off” maka lampu seinnya akan berfungsi menyala seperti bawaan standarnya.

Jenis-jenis pengharum ruangan


Benda kecil tapi memiliki bau yang bisa menyegarkan rungan biasa kita menyebutnya sebagai pengharum ruangan. Benda ini banyak kita jumpai di bawah AC atau kipas angin, sebab karena sifatnya yang dapat merubah aroma ruangan benda ini sangat cocok bila diletakkan berdekatan dengan AC dan kipas angin. Ada banyak pilihan karena ada banyak jenis pengharum ruangan yang baik untuk ruangan rumah. Anda bisa mendapatkan pengharum ruangan dalam bentuk padat, lilin, semprotan, minyak, Pengharum ruangan digantung di dinding, sampat pengharum otomatis dengan menggunakan remote. Jadi Anda bisa setting dari jarak jauh. Tahan lama dan pakai battery.

Beberapa orang biasanya menggunakan pengharum ruangan sebagai tambahan untuk dekorasi kamar atau ruang tamu Anda, dengan menempatkan dalam wadah kaca yang indah sudah memberikan kenyamanan aroma yang menenangkan sehingga ruangan tidak bau. Biasanya pengharum ruangan jenis ini berbentuk lilin atau minyak dengan pilihan warna yang menari sehingga dapat berfungsi sebagai pemanis ruangan. Lalu ada beragam jenis wewangian yang tersedia, untuk ruangan rumah anda, aroma yang digunakan untuk pengharum ruangan biasanya aroma yang menyegarkan, dan menenangkan. Sehingga banyak sekali produk pengharum ruangan yang beraroma buah, dan bunga.

Saat ini salah satu wewangian yang paling popular untuk pengharum ruangan adalah baterai matic segar, atau biasa disebut pengharum ruangan otomatis. Pengharum ini dapat mengeluarkan aroma dengan sendirinya tanpa harus kita semprot.  Produk pengharum ruangan jenis ini di buat oleh produsen yang dapat dibeli di departemen store. Ini adalah wewangian bisa dalam wadah yang dapat digantung di dinding atau set pada rak dengan pengaturan untuk melepaskan penyegar udara secara berkala. 

Namun, anda harus memilih pengarum ruangan yang sesuai untuk ruangan rumah anda. Karena setiap ruangan rumah berbeda-beda untuk jenis wewangiannya tergantung dari tempatnya, jika anda berada di kamar mandi maka anda akan membutuhkan pengharum ruangan yang kuat seperti aroma pinus, yang bertentangan dengan ruangan yang lainnya (ruang makan atau ruang tamu) karena pada umumnya bau kuat berasal dari kamar mandi. Untuk ruang tamu mungkin anda bisa memilih aroma yang segar, seperti lemon, atau jeruk. Dan untuk ruang tidur anda bisa menggunakan aroma lavender untuk menciptakan suasana yang membuat anda rileks.

Jadi, gunakan tips ini untuk memutuskan pada jenis pengharum ruangan yang sesuai dengan tempatnya untuk menikmati aroma yang menyenangkan di rumah anda. Langkah pertama adalah mengidentifikasi dimana anda berminat untuk menempatkan pengharum ruangan yang paling berbau dan kemudian pergi untuk pengharum ruangan tempat yang lain.

Fenomena sunset dan proses terbentuknya

Fenomena Matahari & Atmosfer - Mirage Sunset

Tidak banyak yang mengetahui mengenai fenomena mirage sunset ini, fenomena yang bernama "Mirage Sunset" ini adalah sebuah fenomena dimana dua atau lebih bayangan matahari terlihat ketika cahanya matahari saat posisinya rendah direfraksikan (dibelokkan) diantara lapisan-lapisan udara dengan temperatur yang berbeda.
518px-sunspot-mirage.jpg
Contoh Mirage sunset
Biasanya temperatur udara turun secara bertahap bersamaan dengan bertambahnya ketinggian. Hal yang sering kita lihat kemudian adalah matahari yang sedikit pipih. Mirage memerlukan variasi temperatur yang lebih banyak.
Beberapa contoh Mirage

Inferior Mirage

Inferior mirage adalah salah satu mirage yang paling umum dan sering terlihat khususnya bagi mereka yang tinggal di dekat pantai. Inferior ini terjadi ketika permukaan bumi atau permukaan laut menciptakan lapisan udara panas dengan ketebalan yang rendah. Pada inferior mirage ini seakan-akan terlihat ada matahari yang sedang terbit dan bertemu dengan matahari yang sedang tenggelam.

595px-omega-sun-inferior.jpg
inferior mirage fase omega 
Green Flash

Green Flash adalah fenomena optik yang terjadi karena refraksi cahaya di atmosfer. Peristiwa ini bergantung pada mirage untuk menggandakan perbedaan pada refraksi antara cahaya merah dan hijau sehingga fenomena ini tidak akan terjadi tanpa didahului mirage. Fenomena ini terjadi ketika tiba-tiba terjadi aliran udara hangat di atas laut yang kemudian naik dan berubah dengan cepat sesuai dengan ketinggiannya. Supaya fenomenia ini terlihat harus terdapat lapisan udara hangat di bagian bawah.

greenflash.jpg
Green Flash di atas Mock Mirage
Mock Mirage
Mock mirage lebih kompleks daripada inferior mirage, kalau dalam inferior mirage hanya terbentuk dua obyek (benda asli dan satu bayangan) sementara dalam mock mirage ini terdapat lebih dari dua bayangan semu dimana bentuk bayangannya berubah secara konstan dan tidak bisa diperkirakan. Supaya efek ini terjadi udara yang lebih dingin harus "terjebak" dibawah pembalikan (inversion). Beberapa lapisan pembalikan menciptakan beberapa lapisan bentuk menyerupai "pancake"
748px-sunset-mirage-11150.jpg
mock mirage
Ketika astronomical object terbit atau terbenam (misalnya matahari, bulan atau bintang), cahaya yang dihasilkan merambat melalui atmosfer yang berkerja seperti prisma memisahkan cahaya menjadi beberapa warna. Warna dari bagian atas dari astronomical object bisa bervariasi antara hijau, biru atau ungu tergantung konsentrasi polutan saat cahayanya tersebar di sekitar volume atmosfer yang berubah-ubah. Bagian bawah astronomical object selalu berwarna merah.

Green rim sangatlah tipis dan sulit atau tidak mungkin dilihat dengan mata telanjang. Pada kondisi normalnya green rim dari sebuah astronomical object menjadi semakin redup ketika obyek tersebut sangat rendah di atas horizon, hal ini dikarenakan oleh memerahnya atmosfer, tetapi terkadang kondisinya tepat untuk dapat melihat green rim tepat di atas horizon. Terkadang green rim berubah menjadi green flash pada matahari yang sedang terbenam.

Saturday, 15 October 2016

Asal mula intan hingga ada

idak dapat diubah, bisa dipecahkan, liar, dari(damáō), mengalahkan aku, Aku jinak . [3] Diamonds diperkirakan telah terlebih dahulu diakui dan ditambang di India, di mana deposito aluvial yang signifikan dari batu bisa ditemukan berabadabad yang lalu di sepanjang sungai Penner, Krishna dan Godavari. Berlian telah dikenal di India selama setidaknya 3.000 tahun, tetapi kemungkinan besar 6.000 tahun.

Berlian telah dihargai sebagai batu permata sejak menggunakan mereka sebagai ikon agama di India kuno. penggunaan alatalat mereka dalam ukiran juga tanggal untuk awal sejarah manusia. Popularitas berlian telah meningkat sejak abad ke19 karena pasokan meningkat, meningkatkan pemotongan dan polishing teknik, pertumbuhan ekonomi dunia, dan iklan yang inovatif dan sukses kampanye.
Asal Mula Sejarah Batu Intan Berlian di Muka Bumi

Pada 1772, Antoine Lavoisier menggunakan lensa untuk mengkonsentrasikan sinar matahari di berlian dalam suasana oksigen, dan menunjukkan bahwa satusatunya produk pembakaran adalah karbon dioksida, membuktikan bahwa berlian terdiri dari karbon. Kemudian pada 1797, Smithson Tennant diulang dan diperluas bahwa percobaan. Dengan menunjukkan bahwa pembakaran berlian dan grafit (arang) melepaskan jumlah yang sama gas ia mendirikan kesetaraan kimia zatzat ini.

Baca Artikel Lain : Batu Akik Sulaiman: Khasiat dan Mukjizat

Penggunaan yang paling akrab berlian hari ini sebagai batu permata digunakan untuk perhiasan, penggunaan yang tanggal kembali ke kuno. Dispersi cahaya putih menjadi warna spektral adalah karakteristik Gemological utama berlian permata. Pada abad ke20, para ahli di gemologi telah mengembangkan metode grading berlian dan batu permata lainnya berdasarkan karakteristik yang paling penting untuk nilai mereka sebagai gem. Empat karakteristik, yang dikenal secara informal sebagai empat C, yang sekarang umum digunakan sebagai deskriptor dasar berlian: ini adalah karat, dipotong, warna, dan kejelasan [9] Sebuah berlian, besar tanpa cacat dikenal sebagai sebuah teladan.

Batu Berlian adalah kristal transparan atom karbon tetrahedrally Berikat (sp3) yang mengkristal ke dalam kisi berlian yang merupakan variasi dari wajah berpusat struktur kubik. Berlian telah disesuaikan untuk berbagai keperluan karena karakteristik yang luar biasa bahan fisik. Paling menonjol adalah kekerasan ekstrim dan konduktivitas termal (9002,320 W · M1 · K1), [10] serta celah pita lebar dan dispersi optik tinggi. [11] Di atas 1.700 ° C (1973 K / 3.583 ° F) dalam hampa udara atau atmosfir oksigen bebas, berlian mengkonversi ke grafit, di udara, transformasi dimulai pada ~ 700 ° C. [12] yang terjadi secara alami berlian memiliki kepadatan berkisar 3,153,53 g/cm3, dengan hampir berlian murni sampai dengan 3,52 g/cm3 [1]. Meskipun kekerasan berlian, ikatan kimia yang memegang atom karbon dalam berlian bersama lebih lemah daripada yang terus bersamasama bentuk lain dari karbon murni, grafit. Perbedaannya adalah bahwa dalam berlian, obligasi membentuk kisi tigadimensi fleksibel. Dalam grafit, atomatom terikat erat menjadi dalam lembaran, yang dapat meluncur dengan mudah melalui satu sama lain.

Jenis ban dan velek

CARA BONGKAR BAN 
CARA MEMBALANCE RODA BAN
Roda adalah obyek berbentuk lingkaran, yang bersama dengan sumbu, dapat menghasilkan suatu gerakan dengan gesekan kecil dengan cara bergulir. Contoh umum ditemukan dalam penerapan dalam transportasi.
    Ban adalah peranti yang menutupi velg suatu . Ban adalah bagian penting dari kendaraan darat, dan digunakan untuk mengurangi getaran yang disebabkan ketidakteraturan permukaan jalan, melindungi roda dari aus dan kerusakan, serta memberikan kestabilan antara kendaraan dan tanah untuk meningkatkan percepatan dan mempermudah pergerakan.
Sebagian besar ban yang ada sekarang, terutama yang digunakan untuk kendaraan bermotor, diproduksi dari karet sintetik, walaupun dapat juga digunakan dari bahan lain seperti bajaSebuah ban (dalam Bahasa Inggris Amerika dan Kanada Inggris) atau ban (di British bahasa Inggris, Selandia Baru Inggris, Australia Inggris dan lain-lain) adalah meliputi berbentuk cincin yang cocok di sekitar pinggiran roda untuk melindunginya dan memungkinkan performa kendaraan lebih baik dengan menyediakan fleksibel bantalan yang menyerap shock sambil menjaga gulir dalam kontak dengan tanah. Kata ITU Sendiri mungkin berasal Dari kata “dasi,” Yang merujuk ke Name of cincin baja Luar Roda gerobak kayu Yang mengikat kayu segmen Bersama-sama (modem.jpg Etimologi Bawah). Kata itu sendiri mungkin berasal dari kata “dasi,” yang merujuk ke bagian cincin baja luar roda gerobak kayu yang mengikat segmen kayu bersama-sama
Penemu ban karet pertama di dunia “Charles Goodyear” lahir di New Haven pada tanggal 29 Desember 1800. Dia seorang berkebangsaan Amerika Serikat yang menemukan cara vulkanisasi karet pada tahun 1839. Ia kemudian mempatenkan penemuannya itu pada tahun 1844.
Pada mulanya Charles Goodyear adalah seorang mantan pedagang yang bangkrut dan sempat dipenjara akibat terlilit utang. Pada tahun 1830 dunia sedang mengalami demam karet dan Charles Goodyear pun tertarik menggeluti dunia karet.
Bahan karet memang bagus tetapi bahan tersebut berbau busuk yang sangit, mengeras saat dingin dan terlalu lengket ketika hangat dan nampak tidak bisa dipergunakan untuk tujuan-tujuan praktis. Charles Goodyear mendirikan perusahaannya dan berusaha keras untuk menjadikannya bahan berguna. Sebelumnya selama tujuh tahun, ia mencoba mengolah bahan karet dengan magnesium oksida, tepung perunggu, asam nitrat dan kapur perekat, namun tetap tanpa hasil.
Di suatu hari yang penuh keberuntungan di tahun 1839, ia membersihkan kedua tangannya dari lumuran bubuk, yang terdiri atas campuran karet dan belerang. Bubuk itu terjatuh dan masuk ke dalam sebuah tungku di atas api. Ketika karet meleleh, ternyata bereaksi dengan bahan belerangnya dan menemukan bahwa bahan itu berubah memiliki karakter bagai kulit yang elastis. Inilah pertama kali karet vulkanisir atau ban karet tercipta.
Goodyear pun berhasil menemukan karet tahan cuaca. Kemudian ia pun terobsesi untuk membuat beragam barang dari bahan material buatannya dan mematenkan ciptaanya itu. Niat langkah Goodyear mempatenkan temuannya itu didahului oleh pionir karet asal Inggris bernama Thomas Hancock yang ironisnya metode vulkanisir yang digunakanya diinspirasi dari contoh karet tahan cuaca ciptaan Goodyear. Ia pun mencoba melawan lewat jalur hukum, tapi akhirnya kalah dan kemudian kehilangan paten Prancis miliknya, dan tak hanya itu, royaltinya pun dibatalkan.
Goodyear Tire and Rubber Company didirikan pada tahun 1898 oleh Frank Seiberling yang merupakan produsen ban dan karet ketiga terbesar di dunia setelah Michelin dan Bridgestone. Perusahaan yang bermarkas di Ohio, Amerika Serikat ini memproduksi ban untuk mobil, pesawat terbang, dan mesin berat. Walaupun tidak memiliki hubungan, nama perusahaan ini diambil sebagai penghargaan terhadap Charles Goodyear yang menciptakan vulkanisasi karet pada tahun 1839.
J.B.Dunlop adalah orang pertama yang memulai sejarah penemuan ban bertekanan angin pada tahun 1988.berawal dari anaknya yang berumur 10 tahun meminta agar sepeda roda tipunya anaknya di buat lebih nyaman dan cepat saat berjalan.sebagai wujud rasa sayang j.b.dunlop berpikir dan menemukan ban bertekanan angin pertama di dunia.
Tokoh lain pun menyusul. Charles Kingston Welch menemunakn “ban dalam” yang tidak langsung terkena permukaan tanah karena diberi lapisan tambahan. Sedangkan William Erskine Bartlett, menemukan ban luar yang dilengkapi penguat pada tepinya, agar tidak mudah lepas ketika dipasang pada pelek.

RODA DAN BAN

Fungsi
1. Menahan seluruh berat kendaraan
2. Memindahkan tenaga ke permukaan jalan
3. Memindahkan gaya pengereman ke permukaan jalan
4. Menjadikan sistem kemudi dapat bekerja
5. Mengurangi kejutan yang disebabkan oleh permukaan jalan yang tidak rata
Bagian Ban
1. Tapak (Tread)
2. Belt (rigid breaker)
3. Carcass
4. Garis dalam (Inner Liner)
5. Bead wire

Carcass merupakan rangka ban yang keras, berfungsi untuk menahan udara yang bertekanan tinggi, tetapi harus cukup flexibel untuk meredam perubahan beban dan benturan
Tread berfungsi untuk melindungi carcass terhadap keausan dan kerusakan yang dsebabkan oleh permukaan jalanSidewall adalah lapisan karet yang menutup bagian samping ban dan melindungi carcass terhadap kerusakan dari luar
Breaker terletak antara carcass dan tread yang memperkuat daya rekat keduanya, dan meredam kejutan yang timbul dari permukaan jalan ke carcass
Bead berfungsi untuk mencegah robeknya ban dari rim oleh oleh karena berbagai gaya yang bekerja
Karakteristik Ban Bias dan Radial
Ban Bias
Kenyamanan cukup baik
Umur dan kemampuan lebih rendah
Ban Radial
Umur pemakaian lebih lama
Peningkatan panas kecil
Stabilitas pengendalian baik
Daya pengereman lebih baik
Rolling resistance (hambatan gesekan) kecil
Kenyamanan kurang dan pengemudian terasa lebih berat
Keuntungan Ban Tubeless
Jika ban tertusuk paku atau benda tajam lainnya, ban tidak menjadi kempes secara sekaligus, karena lapisan dalamnya menghasilkan efek merapatkan sendiri. Sehingga pengemudi tidak kehilangan kontrol kendaraan
Transfer radiasi panas akan lebih baik, karena udara dalam ban berhubungan langsung dengan pelek
Tipe Tapak Ban
Rib > Jalan rata, kecepatan tinggi> berbagai jenis mobil
Tahanan putar (rolling resistance) lebih kecil
Kendaraan mudah dikendalikan
Suara yang ditimbulkan kecil
Tenaga tariknya kurang baik
Lug >jalan tidak rata, dan lunak > truk dan industri
Tenaga tarik baik
Rolling resistance cukup tinggi
Tread lebih mudah aus tidak merata
Suara lebih besar
Rib and lug > jalan rata maupun tidak rata> sedan, truk kecil bus
Kendaraan lebih stabil
Kemampuan pengendaraan dan pengereman lebih baik
Block > jalan berlumpur dan bersalju
Kemampuan pengendaraan dan pengereman lebih baik
Mengurangi slip pada jalan berlumpur/ bersalju
Lebih cepat aus
Rolling resistance lebih besar
PELEK
Baja Press
Biaya pembuatan lebih murah
Lebih tahan lama
Lebih mudah dalam pemasangan dan pelepasannya
Kualitasnya lebih merata
Logam campuran (alloy steel)
Biasanya campuran dari alumunium atau magnesium
Memiliki bentuk/ tampilan yang lebih menarik
Tipe Penampang Rim
Divide type rim (DT) >mobil kecil, mesin pertanian, dan kendaraan industri (forklift dll)
Drop center rim (DC) > mobil sedan dan truk kecil
Wide drop center rim (WDC) > mobil sedan dan truk kecil
Semi drop center rim (SDC) > truk kecil
Flat base rim (FB) > truk dan bus
Interim rim (I) > truk dan bus
 
Jenis-jenis Ban :
 
1. Ban Bias
            Ban dengan struktur bias adalah yang paling banyak dipakai. Dibuat dari banyak lembar cord yang digunakan sebagai rangka dari ban. Cord ditenun dengan cara zig-zag membentuk sudut 40 sampai 65 derajat sudut terhadap keliling lingkaran ban.
            Ban bentuknya. Lapisan merupakan lapisan poliester, fiberglass atau tali baja tertanam dalam karet ban. Lapisan merupakan lapisan poliester, fiberglass atau tali baja tertanam dalam, ban karet. Sebuah ban bias-ply memiliki sabuk berlapis berjalan pada sudut satu sama lain dan tubuh ban. Sebuah ban bias-ply memiliki berlapis Berjalan pada Sudut Satu sama lain dan tubuh ban. Nomor Ply 14 dan 16 dalam diagram tersebut bias lapisan. Nomor Ply 14 dan 16 dalam diagram tersebut bias lapisan.
 
2. Ban Radial
            Untuk ban radial, konstruksi carcass cord membentuk sudut 90 derajat sudut terhadap keliling lingkaran ban. Jadi dilihat dari samping konstruksi cord adalah dalam arah radial terhadap pusat atau crown dari ban. Bagian dari ban berhubungan langsung dengan permukaan jalan diperkuat oleh semacam sabuk pengikat yang dinamakan “Breaker” atau “Belt”. Ban jenis ini hanya menderita sedikit deformasi dalam bentuknya dari gaya sentrifugal, walaupun pada kecepatan tinggi. Ban radial ini juga mempunyai “Rolling Resistance” yang kecil.
   Ban radial-ply memiliki sabuk pada sudut 90 derajat ban dengan, ikat pinggang dan saling tumpang tindih saling silang. The ply berlabel 12 dalam diagram adalah radial-ply. Ke-12 dalam ply berlabel adalah diagram radial-ply. Ban radial memiliki sabuk lain, biasanya dari kabel baja, berjalan sekitar ban di bawah tapak. ban radial memiliki sabuk lain, biasanya Dari kabel baja, ban Berjalan sekitar tapak di Bawah. Konstruksi Radial memungkinkan dinding samping dari ban untuk melenturkan bawah beban tanpa mempengaruhi kontak tapak dengan jalan. Konstruksi memungkinkan Radial Dinding Samping Bawah ban untuk melenturkan Dari Beban Tanpa mempengaruhi Kontak tapak dengan jalan.  
 
3. Ban Tubeless
            Ban Tubeless adalah ban yang dirancang tanpa mempunyai ban dalam. Ban tubeless in diciptakan sekitar tahun 1990.
            Desain tradisional ban pneumatik dibutuhkan inner tube terpisah yang bisa gagal karena beberapa alasan, seperti: fitment ban salah, atau gesekan antara dinding ban dan ban dalam menghasilkan panas berlebih menyebabkan sebuah ledakan.Teknologi ban tubeless tidak jauh dengan kebutuhan untuk ban dalam sehingga meningkatkan keselamatan.
Pada ban tubeless, ban, yang memiliki lapisan dalam halobutyl kedap air, dan pinggiran roda bentuk segel kedap udara, dengan katup yang langsung dipasang padapelek.Jika ban tubeless mendapat ditusuk, udara keluar hanya melalui lubang, mengarah ke deflasi lembut dari ban. Sebaliknya, tabung dalam dapat berpotensi meledak seperti balon, mengarah ke deflasi cepat dari ban yang bisa mengakibatkan tiba-tiba kehilangan kontrol kendaraan. Sebuah sealant ban cair dapat ditambahkan ke ban tubeless untuk mencegah deflasi. Selain itu, lebih mudah untuk memperbaiki sebuah tusukan ban tubeless menggunakan kit tusukan mudah digunakan.Saatini, semua mobil yang dijual dengan ban tubeless sebagai fitment standar.
Arti kode-kode pada ban
Kode ban
Dimensi atau ukuran sebuah ban dapat dinyatakan sebagai berikut:” 205 / 55 /ZR16 “
Keterangan dimensi atau ukuran ban tersebut dapat dinyatakan sebagai berikut:
205       : Lebar telapak ban (mm)
55         : aspek ratio untuk ketebalan ban (%) dari lebar telapak ban
ZR       : kode limit kecepatan
Kod
Kecepatan (Km/Jam
P
150
Q
160
R
170
S
180
T
190
H
210
V
240
W
270
Y
>300
16         : diameter velg ( inch )
 
Kode kecepatan ban Indeks Beban
Kod
Beban Maksimum (Kg)
62
265
63
272
64
280
66
300
68
315
70
335
73
365
75
387
80-89
450-580
90-100
600-800
 
 
Velg roda ban :
       Velg atau rim adalah lingkaran luar desain logam yang tepi bagian dalam dari ban sudah terpasang pada kendaraan seperti mobil. Sebagai contoh, pada roda sepeda di tepi lingkaran yang besar menempel pada ujung luar dari jari-jari roda yang memegang ban dan tabung.
Velg besi
            Diameter (efektif): jarak antara bekel (untuk ban), yang diukur pada bidang rim dan melalui sumbu pusat yang sedang atau akan dipasang, atau yang merupakan bagian integral dengan tepi.
            Lebar (efektif): pemisahan jarak antara tepi flensa.
            Tipe: Tergantung pada jenis kendaraan dan ban. Ada berbagai rim (velg), serta jumlah komponen rim.Kendaraan penumpang modern dan ban tubeless biasanya menggunakan one-piece rims dengan “keamanan” pada rim. Fitur keamanan membantu menjaga berpegang pada tepi bawah kondisi buruk dengan memiliki sepasang rasas memperluas keselamatan dari pinggiran menuju kursi ban lain dari luar permukaan berkontur pinggirannya.Kendaraan berat dan beberapa truk mungkin memiliki multi-piece dilepas dan tepi terdiri dari basis yang mount ke roda. Komponen-komponen ini dilepas dari satu sisi untuk pemasangan ban, sementara sisi berlawanan yang melekat pada basis tetap mengarah.
            Performa kendaraan: Karena rim adalah tempat ban berada di kemudi dan pinggiran ban mendukung bentuk, dimensi dari pinggiran adalah faktor dalam penanganan karakteristik dari sebuah mobil.Rim yang terlalu luas dalam kaitannya dengan lebar ban untuk mobil tertentu dapat menghasilkan lebih banyak getaran dan kurang nyaman karena dinding samping ban tidak cukup kelengkungan yang fleksibel mengemudi dengan benar di atas permukaan kasar. Rim besar akan menyebabkan ban untuk mengesek ketika berputar.
 
Wheel Alignment :
a. Pengertian Wheel Alignment
            Roda-roda kendaraan dipasang dengan besar sudut tertentu sesuai dengan persyaratan tertentu untuk menjaga agar pengemudian ringan, nyaman dan stabil serta keausan ban normal. Sudut-sudut pemasangan roda tersebut dinamakan wheel alignment. Kebanyakan kendaraan yang ada di indonesia wheel alignment utamanya adalah untuk roda depan (FWA), walaupun wheel aligment untuk roda belakang (RWA) juga sudah ada.
 
b. Faktor-faktor Wheel Alignment
            Yang termasuk dalam fakor-faktor wheel aligment ada 5 (lima) yaitu : camber, caster, king-pin inclination/ steering axis inclination, toe angle dan turninng radius/ turning angle
 
1.   Camber
            Camber adalah kemiringan roda terhadap garis vertikal jika dilihat dari depan atau belakang kendaraan. Jika roda miring ke arah luar kendaraan maka nilainya + (positif) dan jika roda miring ke arah dalam kendaraan maka nilainya – (negatif).
 
Manfaat sudut camber positif yaitu memperkecil kemungkinan axle bengkok, mencegah roda slip, kemudi jadi ringan.
 
2.   Caster
            Caster adalah kemiringan steering axis inklination/ king pin jika dilihat dari arah samping. Caster berperan untuk kelurusan dan kestabilan kemudi serta untuk mendapatkan pengembalian ke posisi lurus setelah belok.
 
3.   Steering Axis Inclination
            Caster adalah kemiringan steering axis inklination/ king pin jika dilihat dari arah depan/ belakang. Caster berperan untuk kelurusan dan kestabilan kemudi, memperkecil steering effortm dan memperkecil daya balik atau tarikan ke satu arah .
 
4.   Toe Angle
            Toe angle adalah perbedaan jarak antara roda depan bagian depan dengan roda depan bagian belakang. Jika roda depan bagian depan lebih pendek dibanding roda depan bagian belakang maka dinamakan toe-in, namun jika roda depan bagian depan lebih panjang dibanding roda depan bagian belakang maka dinamakan toe-out.
Fungsi utama toe adalah untuk mengimbangi gaya akibat adanya sudut camber (camber thrust)
5.   Run-Out
      Hal lain yang perlu diperhatikan pada pengecekan roda adalah run-out. Run-out adalah frekuensi dimensi roda selama berputar. Lingkaran roda tidak benar-benar bundar. Variasi radius putar (run-out) yang belebihan akan mengakibatkan getaran pada body, sehingga harus dibatasi nilainya.
            Ada dua macam run-out yaitu radial run-out dan lateral run-out. Radial run-out adalah kesempurnaan bentuk lingkaran dari roda. Ketidaksempurnaan tersebut disebabkan oleh kondisi
ban, pelek dan posisi axle hub yang tidak tepat. Roda dengan radial run-out jika berputar, radius putarnya akan berubah-ubah sehingga akan menggetarkan body dan steering.
            Lateral run-out adalah fluktuasi ban pada arah aksial yang akan mengakibatkan keausan ban tidak normal pada ban dan pengemudian menjadio tidak stabil. Penyebab lateral run-
out adalah dinding sampin ban yang bengkok, rim yang rusak dan posisi axle hub yang tidak tepat.
     6.    Turning Angle
            Sudut belok (turning angle) adalah sudut masing-masing roda saat kemudi diputar maksimum. Sudut belok roda dalam lebih besar dibandingkan sudut belok roda luar. Fungsi utama turning angle adalah mencegah terjadinya side slip, memperkecil keausan ban dan menjaga kestabilan pengemudian.
Keausan ban karena toe-in berlebihan :
       Jika penyetelan toe-in berlebihan maka akan terjadi keausan ban seperti gambar di atas, yaitu jika telapak ban diraba dari sisi dalam keluar terasa kasar tetapi jika diraba dari sisi luar ke dalam terasa halus.
            Jika penyetelan toe-out berlebihan maka akan terjadi keausan ban seperti gambar di atas, yaitu jika telapak ban diraba dari sisi dalam keluar terasa halus tetapi jika diraba dari sisi luar ke dalam terasa kasar.   
            Jika penyetelan camber positif berlebihan maka akan terjadi keausan ban seperti gambar di atas, yakni pada sisi luar ban akan aus berlebihan dibanding sisi dalam
CARA BONGKAR BAN :
            Untuk membongkar roda dalam keadaan terpasang di mobil memang bukan menjadi permasalahan yang susah bagi orang yang sudah terbiasa atau minimal bagi orang yang sudah memahami konstruksi roda dalam mobil.
Tetapi bagi orang yang tidak terbiasa atau tidak pernah membongkar roda dalam keadaan terpasang dalam mobil mungkin akan menjadi keadaan yang sulit. Pada kesempatan kali ini, kami akan member cara bagaimana membongkar roda dengan benar. Berikut cara yang benar:
1.    Kendurkan dahulu baut – baut roda. Perlu di perhatikan dalam hal ini adalah kendurkan baut –baut roda tetapi jangan sampai lepas dari roda.
2.    Setelah baut –baut roda yang akan dilepas sudah kendur, dongkraklah mobil ditempat yang aman. Tempat teraman dalam dongkrak mobil adalah dibagian chassisnya atau di titik – titik yang memang khusus di buat produsen sebagai tempat dongkrak.
3.    Setelah terdongkrak, pasanglah jack stand di tempat yang benar.
4.    Mulailah lepas satu persatu baut roda dan lepaskan roda dari mobil.
5.    Setelah roda terlepas, posisikan roda ditempat yang aman atau biasa di letakkan di kolong mobil.
6.    Apabila memang masalah terletak pada roda mobil, maka roda tidak perlu diletakkan di kolong mobil, tetapi selesaikan permasalahan pada roda.
7.    Setelah masalah pada roda selesai, maka pasanglah roda di tempatnya. Setelah terpasang, jangan lupa untuk memasang juga baut roda tetapi tidak perlu sampai terlalu kencang.
8.    Setelah baut roda menjadi kencang, maka mulailah mendongkrak kembali mobil untuk melepas jack stand.
9.    Setelah jack stand terlepas, maka mulailah secara perlahan untuk menurunkan dongkrak.
10. Setelah dongkrak turun, maka kencangkanlah baut – baut roda menggunakan kunci sok.
CARA MEMBALANCE RODA BAN :
       Dalam menjalankan mesin balance secara umum membutuhkan empat macam input data yaitu : tipe pelek, diameter pelek, lebar pelek dan jarak roda dari acuan mesin balance.
 Secara urutan proses balancing dengan mesin balancer dari RAV adalah sebagai berikut :
1.      Persiapkan alat dan bahan yang akan digunakan!
2.       Lepaskan roda dari kendaraan!
a.       Kendorkan baut roda
b.      Dongkrak kendaraan
c.       Pasangkan jack stand
d.       Lepaskan baut roda
e.       Lepaskan roda
3.      Lakukan pengamatan secara visual kondisi ban dan pelek!
4.       Lakukan pembersihan pattern ban dari kotoran!
5.       Pasangkan roda pada mesin balancer!
a.       Pilihlah center cone yang sesuai dengan hub roda!
b.      Pasangkan center cone pada poros mesin balancer
c.       Pasangkan roda (arah sisi sesuai pemasangan di kendaraan)!
d.       Kuncilah roda dengan hub pengunci mesin balancer6. Hidupkan mesin balancer dengan memutar ke posisi ON tombol power yang ada di sisi kanan mesin balancer! Tunggu sampai layar menyala dan menu balance siap.
6.   Masukkan input data ke mesin balancer sesuai dengan data roda yang akan dibalancing!
a.       Tekan menu
b.      Pilih dimensions
c.       Masukkan data jarak roda dari mesin balancer
d.       Masukkan data diameter pelek
e.       Masukkan data lebar pelek
f.        Selesai/ end
7.   Pilih tipe pelek sesuai dengan roda yang dibalancing
a.       Tekan 2 “ALU”
b.      Pilih ALU untuk pelek alumunium/ pelek racing
c.       Piling STATIK untuk pelek berjari-jari
d.      Pilih DYNAMIC untuk pelek standart
e.       Selesai/ Ok
8.   Lakukan pengesetan/ setting display dari MENU SET-UP
9.   Yang perlu disetting adalah
a.       Satuan ketidakbalanan
b.       Ketidakbalanan yang ditoleransi
c.        Penampilan angka ketidakbalanan
d.      Otomatisasi saat guard ditutup
10. Tutup guard/ pelindung roda dan biarkan roda berputar
11. Jika roda tidak otomatis berputar, tekan tombol start.
12. Tunggu sampai roda berhenti dengan sendirinya dan di layar muncul display angka ketidakbalanan
13. Carilah titik ketidakbalanan dengan memutarkan roda sesuai dengan arah yang ditunjukkan di layar. Jika sudah tepat akan ada suara BEEP dan display tanda panah tepat. Titik di atas poros mesin balancing adalah titik ketidakbalanannya.
14. Pasangkan bobot balancing sesuai dengan ketidakbalanannya.
15. Lakukan uji lagi dengan mengulangi langkah 11 s.d. 13.
16. Jika sudah balance lepaskan roda, jika belum balance lanjutkan ke langkah 14 s.d. 16